Pages

Friday 2 September 2016

Seri Hortensia #3: Muara Karya Saya

Namanya Leila Salikha Chudori. Beliau sudah menulis banyak cerpen dan novel dan skenario film. Pulang, novel pertama beliau mengenai nasionalisme, adalah novel yang saya gunakan dalam skripsi saya. Novel ini saya analisis dan saya bedah, saya kaitkan ideologi Leila dengan isi novelnya.

Skripsi saya bisa jadi cuma analisis dangkal mengenai novel beliau. Tapi saya boleh bangga, karena, sejauh yang saya tahu, skripsi saya merupakan karya ilmiah pertama yang membahasa Pulang melalui mata feminisme. Dan untuk itu saya sangat berterima kasih pada Leila Chudori yang telah melahirkan karya ini sedemikian luar biasa yang mengajarkan saya, bukan hanya bagaimana menjadi seorang Indonesia, tapi juga menjadi seorang perempuan.

3. Leila S. Chudori, seorang penulis, jurnalis, dan perempuan penuh pengabdian yang memperkenalkan saya kepada sejarah, pewayangan, nasionalisme, keluarga, cinta, dan hakikat mencari rumah melalui Pulang. Terima kasih untuk karyanya yang mengendap dalam hati saya, skripsi ini saya dedikasikan untuk karya Anda yang luar biasa itu.

No comments:

Post a Comment