Pages

Sunday 25 October 2015

Week 9: My Favorite Subject

You Should know beforehand, karena aku anak sombong yang kompetitif, maka mata kuliah favoritku biasanya adalah mata kuliah yang aku ahli, atau yang memberiku nilai bagus. Tapi setelah melalui proses peenungan yang cukup menyenangkan, semua mata kuliah itu aku kerucutkan menjadi tiga,

1. Teori Komunikasi (Semester 3, nilai akhir A)
Mata kuliah ini menyenangkan sekali. Selama kurang lebih empat belas pertemuan, kami belajar tentang teori-teori komunikasi secara bertigkat. Mulai dari komunikasi antar pribadi (Sejenis Coordinated Management Meaning) hingga teori mengenai media dan budaya (Hal-hal semacam Spiral of Silence dan Cultivation Theory). Entah kenapa mata kuliah ini membuatku memahami dengan baik bagaimana manusia berpikir dan merasa, dan bagaimana manusia memanipulasi orang lain untuk akhirnya menjalin hubungan-hubungan yang rumit. Mata kuliah ini adalah satu diantara sedikit yang aku memiliki bukunya, hardcopy! Dan aku bekerja sangat keras untuk memahami mata kuliah ini. Karena aku suka.

2. Metode Analisis Teks (Semester 6, nilai akhir A)
Mungkin memang aku yang menyukai hal-hal berbau teori dan metode-metode. Penelitian terbagi menjadi dua, kuantitatif dan kualitatif. Sementara penelitian kualitatif terbagi menjadi dua lagi, penelitian lapangan dan analisis teks. Aku suka kuliah ini karena kita mempelajari sebelas metode analisis teks yang umum digunakan (setidaknya di Jerman). Dan yang paling menyenangkan adalah, aku langsung mempraktikkannya. Kami diminta membuat sebuah analisis teks, sendirian. Aku suka.

3. Kemahiran Bahasa Isyarat (Semester 7, nilai akhir belum keluar)
aku sadar betul bahwa bahasa ini tidak akan aku pakai setiap hari dan akan terlupakan seiring berjalannya waktu. Tapi tetap saja, mempelajai bahasa baru selalu menjadi hal yang menyenangkan. Bagaimana melihat bahwa sebuah bahasa dan simbol dapat membuat kita mengerti satu sama lain. Mengetahui hal-hal yang pada umumnya orang tidak mau ambil pusing untuk tahu. Suka.

No comments:

Post a Comment