Pages

Saturday 28 May 2016

Buku Lama

Saya sudah menunjukkan beberapa kali, lewat blog ini maupun lewat media sosial dan perilaku saya (hahaha) bahwa saya sangat, amat, sangat, menyukai buku. Dan semenjak SD hingga sekarang, kolom hobi dalam biodata apapun selalu saya isi dengan membaca. Lucunya (atau mungkin tidak lucu), buku-buku yang membuat saya jatuh cinta dengan membaca agak berbeda dengan buku-buku orang lain.

Orang tua saya keduanya guru. Terkhusus, ayah saya adalah guru SD. Dan sejak dulu, ayah saya sering meminjamkan buku-buku cerita di perpustakaan tempatnya mengajar untuk saya baca. Bukunya merupakan buku fiksi anak, tapi terbitan lama. Rata-rata buku yang saya baca ditulis oleh penulis yang remaja dan dewasa zaman sekarang mungkin tidak pernah dengar. Buku-buku ini terbit sekitar tahun 1980-1990an dan sebagian besar adalah buku milik negara, tidak diperdagangkan karena merupakan bagian dari proyek penyediaan buku bacaan anak Sekolah Dasar milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.





Nah, selagi saya mengerjakan tugas bibliografi mata kuliah Bacaan Anak Indonesia, saya jadi cari-cari tentang buku-buku favorit saya ini. Dan sedihnya, hampir tidak ada jejak tentang buku-buku ini di internet (kecuali di katalog perpustakaan nasional). Jadi, saya akan memberikan sdikit cerita yang saya ingat tetang buku-buku cinta pertama saya ini ^^

1. Terlibat di Bromo (Dwianto Setyawan, 1994)
Menceritakan tentang Agung, Ilhamsyah, dan Rin Dama yang pergi jalan-jalan ke Gunung Bromo. Disana mereka terlibat peristiwa menegangkan ketika Rin mengambil gambar seorang laki-laki jangkung sedang bertengkar dengan seseorang, yang berujung kejar-kejaran. Rin dan teman-temannya yang penasaran pun akhirnya menyelidiki siapa lelaki jangkung itu dan apa yang dia sembunyikan. Ternyata mereka justru menemukan bahwa tengah terjadi perebutan harta yang ditemukan seorang petani di dekat gunung bromo.

2. Kasus Lukisan Candi (Dwianto Setyawan)
Buku ini menceritakan tentang triona (saya lupa siapa saja nama mereka) yang menyukai sejarah dan sedang berjalan-jalan di candi Singasari. Salah satu nenek dari triona tinggal di dekat Singasari, lebih tepatnya di Kanjuruhan, dan memiliki sebuah lukisan candi yang bagus dan banyak diincar kolektor. Tapi suatu hari lukisan itu hilang. Triona menyelidiki dan akhirnya menemukan pelakunya yang sangat tidak diduga.

3. Misteri Kapal Tua (Beng Irawan)
Menceritakan sekelompok anak yang nekat menjelajah kapal tua yang terdampar. Rumornya di kapal itu terdapat hantu serdadu Jepang. Tapi ternyata anak-anak malah terlibat kasus penyulundupan yang menjadikan kapal tua itu sebagai markasnya.

4. Pangeran Kaki Peri (T.A. Istijar)
Buku favorit! Ceritanya tentang sebuah negeri yang kaki orang-orangnya sebesar lesung. Disana, lahirlah seorang pangeran tapi dengan kaki yang kecil. Sang pangeran kemudian diasingkan ke pinggiran hutan. Setelah cukup besar, pangeran kaki peri (begitu namanya) memilih untuk pergi mengembara ke dalam hutan. Di dalam hutan, pangeran mendengar dua burung hantu bercakap-cakap. Dari sana, pangeran kaki peri tahu bahwa kaki besar di negerinya adalah penyakit akibat danau tambun yang airnya mengalir keluar, dan hanya bisa di sembuhkan oleh air di danau satunya yang saya lupa namanya apa. Pangeran kaki peri juga jadi tahu bahwa putri di negeri tetangga sedang sakit kaki besar juga. Akhirnya pangeran kaki peri membawa putri tersebut ke danau untuk disembuhkan dan dia juga menyembuhkan warga negerinya :))

5. Boneka Kutukan (?)
Saya lupa judul asli buku ini, juga pengarang dan tahun terbitnya. Inti ceritanya adalah di sebuah desa, ditemukan boneka emas yang jadi rebutan banyak orang. Anehnya, siapapun yang diketahui memegang boneka ini kemudian ditemukan mati. Ternyata setelah diusut, boneka ini adalah boneka putri kerajaan yang dilumuri racun supaya tidak diambil sembarang orang di kuburan sang putri ini.

6. Pencurian arca (?)
Yah intinya sederhana, skelompok anak yang menggagalkan pencurian arca dari candi-candi untuk dijual ke luar negeri. Sejujurnya saya lupa detailnya.

Yah, yang saya ingat sejauh itu saja ternyata. Hahaha. Keakuratan ingatan saya tentang buku-buku ini bergantung pada seberapa suka saya dengan bukunya, dan seberapa banyak saya membaca ulang buku-buku tersebut. Kebanyakan buku yang saya baca biasanya bergenre cerita detektif, karena saya suka :))

Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk bernostalgia :)

3 comments:

  1. klo buku triona kasus lukisan candi sy masih ada bukunya mas...buku itu dulu sy baca bekali2 ga bosan2...waktu itu sy masih sd kelas 5 sektr thn 1994....

    ReplyDelete
  2. triona bacaan masa sd.. bagi foto bukunya mas..

    ReplyDelete
  3. triona yg cerita tentang 3 detektif cilik ya?
    baca juga sekitar th 1995. salam dari tegal

    ReplyDelete